Senin, 16 Maret 2015

Pesawat NASA Mengorbit Planet Kerdil Ceres

Share on :

Pesawat luar angkasa milik NASA akhirnya berhasil mengorbit ke planet kerdil Ceres, yang diduga memiliki kandungan air yang tak kalah banyak dengan Bumi.

Pesawat Dawn yang bertugas menyelidiki Ceres lebih dekat ini tiba 6 Maret lalu dan sukses menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit planet kerdil tersebut, seperti dilansir Space (7/3).

Kepastian pesawat Dawn ini telah berhasil mengorbit diterima saat pengendali misi di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, AS mendapatkan sinyal dari Dawn. Setelah itu mereka berhasil mendapatkan laporan jika pesawat ruang angkasa ini dalam kondisi baik dan mengorbit sesuai dengan rencana awal.

Nantinya selama 16 bulan ke depan, pesawat ini akan mengemban tugas untuk menguak tabir Ceres yang selama ini masih menjadi misteri sejak pertama kali ditemukan lebih dari dua abad yang lalu.

"Sejak penemuannya pada tahun 1801, Ceres dikenal sebagai planet, kemudian berganti sebutan menjadi asteroid dan kemudian planet kerdil," kata direktur misi ini, Marc Rayman.

"Sekarang, setelah perjalanan 3,1 miliar mil (4,9 miliar kilometer) selama 7,5 tahun, Dawn dapat menyebut Ceres sebagai rumah barunya." tamah Rayman.

Planet kerdil Ceres sendiri diperkirakan memiliki cadangan air berupa es yang mana volumenya setara 25 sampai 30 persen masa total planet tersebut. Ceres juga disebut dapat memiliki lautan di bawah permukaan daratannya. Sebagian peneliti bahkan percaya jika Ceres mampu menopang kehidupan mikroba.

"Ini benar-benar akan menarik untuk melihat sisi eksotis dari dunia yang tampak asing ini," tutup Rayman saat diwawancarai Space (7/3).

sumber:www.merdeka.com/
Comments
0 Comments